7 Cara Bisnis Online Bagi Pemula, Ketahui Jumlah Pengguna Medsos di Indonesia

Marketing244 Dilihat

Literasi Bisnis – Bisnis online tampak begitu mudah dilakukan, namun untuk mencapai kesuksesan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Banyak para pengusaha besar yang sukses membangun bisnisnya dimulai dari nol. Salah satunya Jack Ma yang kini namanya berhasil menjadi motivasi banyak orang.

Cara bisnis online bagi pemula, sebenarnya sangat mudah. Asal mau dilakukan dengan penuh ketekunan. Jika kamu tertarik untuk memulainya, perhatikan beberapa tips di bawah ini. Sebagai seorang pemula, siapkan mental tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Menjadi pebisnis itu terkadang seringkali terhalangi oleh sumber dana dan keterbatasan skill. Namun beberapa pebisnis telah mematahkan kata-kata tersebut, banyak pebisnis sukses yang telah berhasil melewati itu semua. Kini namanya dikenal dikalangan masyarakat.

Baca Juga: Apa Itu Rekening Valas BRI? Berikut Pengertian dan 2 Persyaratannya

Cara bisnis online bagi pemula, harus didasari dengan mental yang berani dan kemampuan menganalisis. Keberanian dalam mengambil keputusan serta kemampuan dalam menganalisis peluang bisnis. Bagi kalian yang akan memulai bisnis online, literasi bisnis akan berbagi tips di bawah ini.

Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Bisnis Online Bagi Pemula
Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Cara bisnis online bagi pemula, dapat dimulai dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini. Kebingungan memulai merupakan hal yang wajar bagi seorang pemula yang akan memulai bisnis online. Berikut ini cara bisnis online bagi pemula:

1. Menentukan jenis bisnis online yang akan dilakukan

Cara bisnis online bagi pemula yang harus dilakukan pertama kali ialah mulai menentukan bisnis online yang akan dilakukan. Hal ini sangat penting dilakukan, karena akan mempengaruhi perjalanan bisnismu ke depannya.

Baca Juga: 8 Cara Menghubungkan Aplikasi BRImo dengan GoPay Mudah dan Simpel

Mulailah membedah apa yang ada di kepala tentang ide bisnis. Sekedar saran, untuk menentukan bisnis, sebaiknya tentukan bisnis online sesuai dengan apa yang sudah kamu ketahui. Selanjutnya, tinggal mengembangkan sesuai dengan kondisi lapangan.

2. Merencanakan business plan

Langkah kedua ini tak kalah pentingnya, jika sudah kamu tentukan jenis bisnis online yang akan ditekuni, maka susun rencana business plan kecil-kecilan. Berikut ini beberapa hal yang bisa disusun terkait plan business:

– Membuat deskripsi bisnis; deskripsikan secara sederhana terkait bisnis online yang akan kamu jalankan.
– Lakukan analisis pasar; gali informasi sederhana terkait industri dan target pasar. Seperti sasaran pelanggan, produk, hingga kompetitor yang dihadapi.
– Siapkan produk dan layanan; deskripsikan produk secara detail dan buat pelayanan sederhana yang dapat memudahkan pembeli dan dapat dipahami dengan mudah.
– Susun rencana pemasaran; pikirkan langkah termudah untuk memasarkan produk agar diikenali calon pembeli.
– Penyusunan logistik; siapkan kebutuhan produksi, memilih supplier yang tepat, dan rencana aktivitas bisnis.
– Susun anggaran; rencanakan susuran anggaran sesuai dengan bisnis yang akan dijalani.

Baca Juga: 6 Bisnis Artis yang Bangkrut di Indonesia, Nomor 5 Hingga Milyaran

3. Riset dan analisis pasar

Cara bisnis online bagi pemula, selanjutnya melakukan riset dan analisis pasar. Mulai dengan mencari produk yang dijual dipasaran, jika serupa dengan produkmu berarti itu salah satu kompetitor.

Lakukan pengecekan harga pada kompetitor, hingga pelayanan yang diberikan. Dengan langkah ini dapat memudahkan pemula dalam menganalisis peluang bisnis. Sehingga bisnis yang dijalankan dapat tepat sasaran.

4. Tentukan target pasaran

Setelah mengetahui hasil riset pasar, selanjutnya tentukan target pasar yang sesuai dengan produk. Mengetahui, spesifikasi calon pembeli dapat memudahkanmu dalam memberi pelayanan, hingga strategi pemasara produk.

Cara Bisnis Online Bagi Pemula
Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Lakukan analisis terhadap calon pembeli dengan menggunakan kriteria kelompok berdasarkan demografi; usia, gender, pekerjaan, pendapatan. Selain itu juga dapat melakukan analisis berdasarkan psikografi; gaya hidup, status sosial, minat dan hobi.

5. Memilih platform pemasaran

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini dapat memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan, termasuk dalam hal bisnis. Beragam media sosial kini dapat digunakan untuk memasarkan produk, mulai dari; instagram, facebook, whatsapp, tiktok, hingga youtube.

Selain itu untuk bisnis online juga dapat menjual produk di marketplace, seperti; shopee, lazada, buka lapak, dan lain sebagainya. Tuliskan keterangan deskripsi tentang produk yang dijual secara detail. Sehingga calon pembeli dapat mudah mengerti terkait produk yang Anda jual.

Baca Juga: 8 Cara Top Up Saldo GoPay Lewat BRImo

6. Buat website khusus toko

Cara bisnis online bagi pemula, kamu dapat membuat website khusus untuk tokomu. Selanjutnya isilah website tersebut dengan semua jenis produk yang dijual. Jangan lupa tambahkan deskripsi secara detail pada setiap produk.

Salah satu keuntungan menggunakan website ialah memudahkan orang lain untuk mengenali produk bisnis. Sehingga bisa memberikan kepercayaan yang tinggi kepada pelanggan.

Selain itu juga dapat mengontrol informasi bisnis, jangkauan pelanggan lebih luas, mudah ditemukan melalui internet, dan lebih ekonomis.

7. Melakukan pemasaran melalui media sosial

Pilihlah media sosial yang memiliki jumlah pengguna di atas rata-rata. Seperti whatsapp, facebook, instagram, tiktok, dan lain sebagainya. Tercatat Januari 2023, jumlah pengguna medsos di Indonesia mencapai 167 juta orang.

Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 212,9 juta. Menurut Kominfo RI berikut daftar angka pengguna medsos di Indonesia:

– Facebook; 65 juta
– Twitter; 19,5 juta

Sedangkan menurut survey GWI, berikut data lengkapnya:

– Whatsapp; 92,1 persen warganet Indonesia berusia 16-64 tahun.
– Instagram; 86,5 persen warganet berusia 16-64 tahun.
– Tiktok; 109,9 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia.

Cara bisnis online bagi pemula, kini dapat Anda terapkan saat akan memulai bisnis. Mulailah dengan hal terkecil, agar dapat mengetahui hasilnya. Selanjutnya lakukan evaluasi secara terus-menerus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *