8 Strategi Bisnis Online Ala Guru PAUD, Allah Maha Besar

Kunci keberhasilan mengelola usaha bisnis adalah kejujuran dan komitmen

Marketing320 Dilihat

Literasi Bisnis – Hidup terus berputar kadang di atas kadang di bawah. Sebagai manusia yang dibekali akal fikiran dari yang maha kuasa tentu selalu ada solusi disetiap persoalan. Untuk membekali hidup agar penuh makna dan bermanfaat tentulah manusia memerlukan ilmu sebagai alatnya.

Untuk menguatkan menghadapi tantangan, manusia butuh iman yang tertanam di dalam dada. Agar kehidupan tetap berjalan lancar manusia butuh pembiasaan yang biasa kita sebut karakter. Karakter kerja keras, karakter kejujuran, karakter kerjasama, berani dan lain sebagainya.

Baca Juga: Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis, Produk Laris Untung Berlipat

Dalam bisnis kita membutuhkan itu semua. Sebagai ilustrasi, saya hanyalah guru PAUD yang sehari-hari berkutat dengan anak-anak kecil. Selesai mengajar, saya sempatkan untuk berkoneksi dengan teman, saudara yang mempunyai barang dagangan.

Strategi bisnis online, dalam ilmu komunikasi yang sering kulihat dari youtube bahwa kerjasama diawali dengan komunikasi yang efektif, pelan-pelan kucoba. Syukurlah dari satu pedagang terjalin trush, bertambah dengan pedagang lain serta produk yang berbeda.

Akhirnya ada beberapa supplyer yang mau diajak kerjasama. Setelah itu, saya tawarkan dagangan melalui status WA maupun matketplace di FB, ada buku, sepatu, gamis, juga peralatan kebersihan.

Strategi Bisnis Online
Sumber; Khusnatul Mawaddah

Awalnya ada rasa ragu, kira-kira ada yang beli tidak ya, gimana nanti kalau saya dikomplain dll. Perasaan takut, khawatir selalu ada. Namun berjalannya waktu tumbuh rasa percaya diri. Tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika memilih menekuni bisnis online, yaitu:

  1. Memahami konteks barang yang kita tawarkan.

  2. Menentukan target pasaran.

  3. Memilih waktu upload yang potensial agar dilihat konsumen.

  4. Mengirim WA kepada konsumen atau sasaran dengan intens.

  5. Menjelaskan komponen barang secara detail kepada konsumen.

  6. Menanggapi dengan biasa saja, jika konsumen membatalkan order.

  7. Teruslah jualan dan berpikirlah positif pasti ada yang membeli.

  8. Yakinlah Allah maha besar, untuk sekedar membesarkan hamba yang mau ihtiar.

Lama-lama konsumen akan membuat brand sendiri tentang diri kita. Acuhkan komentar negatif netizen. Karena jika kita mempedulikan komentar negatif maka akan berpengaruh pada sikap kita sebagai pedagang tangguh.

Baca Juga: Sumbang 50 Persen Pertumbuhan Global, Ini 5 Strategi Sukses Ekonomi China

Kehidupan ini akan mudah dan lancar selama manusianya terus berihtiar. Jalani, nikmati, syukuri. Yakinlah menjadi pebisnis kecil maupun besar ada waktunya sendiri yang penting jalani dulu agar pengetahuan dan pengalaman makin bertambah.

Kunci keberhasilan mengelola usaha bisnis adalah kejujuran dan komitmen. Semoga kita selalu sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *