9 Cara Mengatasi HP Lemot, Ketahui Penyebabnya

Teknologi196 Dilihat

Literasi Bisnis – Cara mengatasi HP lemot, sebenarnya mudah dilakukan jika kita tahu caranya. Padahal masalah HP lemot bisa datang kapan saja secara tiba-tiba.

Handphone (HP) merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Bahkan kini telah berkembang dapat digunakan melakukan beberapa aktivitas.

Kondisi HP lemot tentunya sangat mengganggu, karena HP tak dapat digunakan secara maksimal. Lemotnya HP disebabkan beberapa kondisi tertentu, seperti pemakaian yang sudah terlalu lama.

Baca Juga: 2 Cara Mengatasi HP Ngeblank Baterai Tanam dan Biasa, Ketahui Penyebabnya

Selain itu kadang-kadang tanpa disadari pengguna, HP lemot disebabkan oleh hal sepele. Pada kondisi ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Jadi jangan panik terlebih dahulu, apalagi buru-buru membawa ke tukang service. Sebaiknya carilah akar permasalahan atau penyebabnya terlebih dahulu.

Sehingga dapat melakukan penanganan dengan tepat saat mengatasi HP lemot. Cara mengatasi HP lemot, dapat dibaca melalui artikel literasi bisnis di bawah ini.

Baca Juga: 5 Komitmen Untuk Sukses, Mulailah Hari Ini!

Cara Mengatasi HP Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot
Sumber; pexels.com

Cara mengatasi HP lemot, sebenarnya bisa dicoba sendiri di rumah. Tak usah khawatir, berikut ini cara mengatasi HP lemot:

1. Restart HP Anda

HP lemot terkadang disebabkan oleh hal yang sepele. cara mengatasi HP lemot paling sederhana ialah dengan merestart HP. Selanjutnya istirahatkan mesin HP beberapa menit terlebih dahulu.

Jika sudah, cobalah untuk menyalakan HP kembali. Langkah ini dapat dilakukan sekali dalam waktu seminggu.

2. Bersihkan ruang penyimpanan HP

Penuhnya ruang penyimpanan HP dapat menjadi salah satu penyebab HP lemot. Jadi harus selalu memastikan ruang penyimpanan HP agar tidak terlalu penuh.

Baca Juga: Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Simak Lawan-lawannya!

Minimal lakukan pengosongan atau bersihkan penyimpanan hingga tersedia minimal 20 persen. Jadi agar HP tidak lemot, silahkan kosongkan penyimpanan.

3. Uninstall aplikasi tak penting

Cara mengatasi HP lemot selanjutnya ialah dengan menghapus aplikasi yang kurang penting. Banyaknya aplikasi yang terpasang di HP, bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh.

Jadi, sebaiknya aplikasi yang tidak penting dihapus. Agar HP juga memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Untuk melakukan uninstall, pengguna dapat melakukan melalui pengaturan HP.

4. Mematikan animasi sistem

Lambatnya kinerja sistem HP, terkadang dipengaruhi penundaan animasi yang berkurang, akan tetapi tidak sepenuhnya benar.

Baca Juga: 2 Cara Bayar Shopee Lewat BNI Mobile Banking dan ATM

Namun langkah ini juga dapat dicoba, agar HP tidak lemot lagi. Animasi sistem dapat dimatikan oleh pengguna, untuk mendapatkan kinerja sistem HP yang lebih cepat.

5. Update perangkat

Bisa jadi salah satu penyebab lemotnya HP ialah karena perangkat belum diperbaharui. Jadi selalu lakukan pengecekan perangkat terkait pembaharuan atau update.

Melakukan update perangkat dapat membantu waktu pemuatan aplikasi. Selain itu juga dapat membantu kelancaran sistem HP saat sedang digunakan.

6. Memakai aplikasi lite

Aplikasi lite adalah pengembangan yang ditawarkan oleh google yang membutuhkan ruang penyimpanan tidak terlalu besar. Sehingga daya yang dibutuhkan juga lebih kecil daripada yang asli.

Untuk mencegah HP jadi lemot, penggunaan aolikasi lite ini menjadi salah satu solusi. Cobalah ganti beberapa aplikasi yang sudah terpasang dengan beralih ke lite.

7. Memastikan koneksi internet

Kondisi stabilnya internet juga dapat mempengaruhi kinerja sistem HP. Jadi periksalah sambungan internet yang tersedia pada perangkat yang digunakan.

Sebab beberapa aplikasi saat ini membutuhkan jaringan internet pada saat digunakan.

8. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Terkadang saat menggunakan aplikasi, kita lupa menutupnya kembali. Sehingga aplikasi terus berjalan dan memakan RAM. Kondisi ini dapat membuat perangkat HP bekerja secara ekstra.

Baja Juga: 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Agar Muncul di Google Maps, Mudah dan Praktis

Cara mengatasi HP lemot, cukup tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Sehingga RAM menjadi lega, pada saat HP digunakan.

9. Kembalikan ke setelan pabrik

Jika semua langkah telah dicoba namun belum berhasil, pengguna dapat melakukan langkah terakhir. Cara mengatasi HP lemot selanjutnya ialah dengan reset ulang ke setelan pabrik.

Langkah ini dapat membuat pengguna kehilangan beberapa data. Sebelum melakukan, pindahkan terlebih dahulu file penting ke laptop atau perangkat lain.

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi HP lemot. Jika memang sudah tak bisa diatasi, sebaiknya bawa ke tukang service.

Penyebab HP Lemot

Cara Mengatasi HP Lemot
Sumber; pexels.com

Lambatnya kinerja sistem HP dipengaruhi oleh beberapa hal. Jadi temukan dulu penyebabnya sebelum mengatasi. Berikut ini beberapa penyebab HP lemot:

– Penggunaan aplikasi dengan data yang cukup besar, sehingga dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar.
– Memasang aplikasi pada HP dengan tidak memerhatikan kapasitas RAM. Jadi RAM yang terlalu penuh dapat memengaruhi kinerja perangkat HP.
– Menggunakan aplikasi secara bersamaan dengan jumlah yang banyak. Kondisi ini dapat membuat RAM semakin sesak atau penuh.
– Kebutuhan aplikasi yang terlalu banyak, namun kapasitas RAM cukup kecil.

Kenali beberapa penyebab HP lemot, sehingga dapat melakukan pencegahan. Jadi jangan buru-buru ganti HP baru terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *