Waspada Phising PDF, Berikut 3 Cara Mengatasinya

Teknologi207 Dilihat

www.literasibisnis.com – Phising PDF belakangan ini marak terjadi di tengah masyarakat. Jika sebelumnya viral penipuan dengan modus klik file APK, saat ini modus tersebut berganti dengan file PDF.

Modus penipuan ini yaitu dengan tiba-tiba ada orang yang mengirimi WhatsApp ke kita kemudian menyatakan sesuatu hal yang bermacam-macam.

Biasanya, beberapa orang yang tidak kita kenal tersebut seolah-olah menyebar undangan pernikahan atau ada juga yang mengaku kurir serta petugas dari PDAM atau dari PLN.

Mereka mengirimkan file ke kita berupa APK yang apabila file itu kita klik kemudian kita akan diminta untuk menginstalnya.

Baca Juga: Profil Pekerjaan Bella Bonita Tunangan Denny Caknan

Nah, apabila kita instal APK tersebut, selanjutnya kita akan dimintai persetujuan-persetujuan dan apabila semua kita lakukan, maka penipu akan menguasai handphone kita dan bisa mengakses file-file yang kita miliki.

Tidak hanya itu, mereka bahkan juga dapat mengakses SMS kita bahkan mengakses kamera.

Jika mereka sudah dapat mengakses semua data kita, maka jika kita mempunyai mobile banking, penipu itu juga bisa mengakses dan menguras isi m-banking kita. Nah, itulah modus penipuan yang kemarin viral.

Saat ini, modus penipuan tersebut berganti menggunakan phising PDF. Kali ini, Literasi Bisnis akan membahasnya pada artikel ini.

Banyak sekali cara atau modus yang dilakukan oleh orang-orang yang akan menipu kita. Seperti pepatah pada umumnya bahwa orang jahat akan menggunakan cara apapun untuk melancarkan aksinya.

Saat ini mereka akan menggunakan modus phising PDF yang tidak jauh berbeda dengan dengan APK.

Nah, apapun itu ketika kita menerima file dari orang yang baru saja kita kenal entah itu mengaku dari manapun dari kepolisian dari PLN, PDAM atau bahkan Kurir yang kemudian menyuruh kita klik kemudian kita diminta install sebaiknya kita harus berhati-hati.

Hal tersebut bisa jadi adalah file berbahaya yang akan bisa menguasai handphone kita termasuk menguasai m-banking kita e-walet atau lain-lain sebagainya.

Nah, jika ada indikasi kita telah mengalami Phising PDF, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Phising PDF

Phising PDF

Untuk mencegah Phising PDF ada beberapa langkah yang dapat dilakukan menurut ahli yaitu Alfons Tanujaya. Alfons memberikan tips sebagai berikut:

1. Nonaktifkan Izin Instal Aplikasi

Cara mengatasi Phising PDF yang pertama yaitu, kalian harus segera menonaktifkan sebuah izin install aplikasi.

Agar masyarakat tidak bingung, masyarakat bisa menonaktifkan semua izin install aplikasi agar tidak bisa install APK berbahaya.

2. Bedakan Tulisan Pdf dan pdf

Cara mengatasi Phising PDF yang kedua yaitu kita harus dapat membedakan antara tulisan PDF dengan huruf “P” besar dan PDF dengan huruf “P” kecil.

Hal ini dikarenakan ciri-ciri phising PDF adalah dengan mengirimkan link PDF dengan “P” besar. Sedangkan, untuk PDF yang asli sebenarnya ditulis dengan “P” kecil.

3. Hubungi Pihak Bank Jika M-Banking Diretas

Cara mengatasi Phising PDF yang ketiga yaitu kita harus segera menghubungi pihak bank jika terindikasi m-banking kita juga diretas.

Baca Juga: Urgensi Redenominasi Rupiah Bagi Perekonomian Indonesia dan 5 Tahapannya Menurut Ahli

Hal tersebut harus dilakukan agar pihak bank segera menonaktifkan rekening yang kena phising tersebut.

Dalam hal ini, kita harus dapat segera mengantisipasinya dikarenakan kemungkinan besar peretas sudah memiliki akses ke semua SMS yang kita terima dan di forward ke telegramnya.

Kita dapat langsung menonaktifkan mobile banking atau mengganti username dan passwordnya.

Nah, itulah ciri-ciri Phising PDF dan cara mengatasinya yang telah Literasi Bisnis rangkum untuk kalian semua. Terus berhati-hati dan simak terus artikel menarik lainnya di website ini.

**) Ikuti berita terbaru Literasi Bisnis di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *